JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Question Box terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VI di SDN 2 Pemecutan

Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)
Chindytia, Chindytia (Unknown)
Saputra, I Ketut Aris Adi (Unknown)
Adnyana, Putu Edi (Unknown)
Putra, I Putu Purwadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini berfokus pada rendahnya keterampilan berbicara siswa SD dan perlunya strategi inovatif untuk meningkatkan partisipasi dan kepercayaan diri. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Talking Stick yang didukung media Question Box terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VI. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest-posttest, penelitian melibatkan 31 siswa, terbagi menjadi dua kelompok: 16 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berbicara sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t independent sample. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai posttest kedua kelompok, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...