Penelitian ini berfokus pada rendahnya keterampilan berbicara siswa SD dan perlunya strategi inovatif untuk meningkatkan partisipasi dan kepercayaan diri. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Talking Stick yang didukung media Question Box terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VI. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest-posttest, penelitian melibatkan 31 siswa, terbagi menjadi dua kelompok: 16 siswa kelas eksperimen dan 15 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berbicara sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t independent sample. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai posttest kedua kelompok, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Copyrights © 2025