JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Keseimbangan antara Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan sebagai Strategi Maksimisasi Kesejahteraan Masyarakat dalam Perpektif Islam

Dewi, Kemala (Unknown)
Suryadi, Nanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pentingnya keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pemerataan dalam upaya memaksimalkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Meskipun Indonesia menunjukkan tren pertumbuhan ekonomi yang stabil dalam beberapa tahun terakhir, ketimpangan antarwilayah dan kelompok masyarakat masih menjadi tantangan serius. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis data sekunder dari berbagai sumber ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi belum otomatis menciptakan kesejahteraan merata, karena masih banyak masyarakat yang menghadapi keterbatasan akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan lapangan kerja. Ketimpangan ini berkontribusi pada kemiskinan struktural dan memperlemah kualitas hidup. Oleh karena itu, strategi pembangunan yang inklusif dan berkeadilan sangat diperlukan, antara lain melalui penguatan UMKM, pembangunan infrastruktur yang merata, serta kebijakan redistribusi yang efektif. Dalam perspektif Islam, pembangunan yang ideal adalah yang berlandaskan pada prinsip keadilan distributif, tanggung jawab sosial, dan maqasid al-shariah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi antara pertumbuhan dan pemerataan, baik dari pendekatan ekonomi modern maupun nilai-nilai ekonomi Islam, merupakan kunci dalam menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil, dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...