Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III UPTD SD Negeri 122351 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini melibatkan 24 siswa kelas III sebagai sampel, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal yang mengukur aspek kognitif siswa dengan kompetensi C1 (Pengetahuan), C2 (Pemahaman), C3 (Penerapan), dan C4 (Analisis). Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data Pre-Test dan Post-Test berdistribusi normal dengan p > 0,05. Uji-t dengan hasil thitung sebesar 6,745 dan ttabel sebesar 1,714 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa dengan taraf signifikansi 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III UPTD SD Negeri 122351 Pematangsiantar.
Copyrights © 2025