JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Mengasah Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV di SDN 6 Kesiman

Chindytia, Chindytia (Unknown)
Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)
Trianita, Komang Emaliana (Unknown)
Hermayanti, Ni Kadek Diah (Unknown)
Devikananda, Ni Komang Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Studi ini menyelidiki seberapa efektif model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SDN 6 Kesiman di kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan melibatkan 25 siswa. Penelitian ini mengukur peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui pre-test dan post-test, observasi selama proses pembelajaran, dan angket respons. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan berbicara siswa dengan peningkatan rata-rata 30% pada semua aspek yang dinilai, termasuk kejelasan artikulasi, kelancaran berbicara, kesesuaian isi, dan kemampuan untuk seperti yang ditunjukkan oleh analisis respons siswa, model pembelajaran TPS membantu mayoritas siswa (68% sangat setuju dan 24% setuju) merasa model ini membantu mereka berbicara dengan lebih percaya diri. Itu juga menunjukkan bahwa 72% siswa sangat setuju bahwa mereka lebih berani menyuarakan pendapat mereka setelah belajar dengan model ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...