Studi ini menyelidiki seberapa efektif model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SDN 6 Kesiman di kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan melibatkan 25 siswa. Penelitian ini mengukur peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui pre-test dan post-test, observasi selama proses pembelajaran, dan angket respons. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan berbicara siswa dengan peningkatan rata-rata 30% pada semua aspek yang dinilai, termasuk kejelasan artikulasi, kelancaran berbicara, kesesuaian isi, dan kemampuan untuk seperti yang ditunjukkan oleh analisis respons siswa, model pembelajaran TPS membantu mayoritas siswa (68% sangat setuju dan 24% setuju) merasa model ini membantu mereka berbicara dengan lebih percaya diri. Itu juga menunjukkan bahwa 72% siswa sangat setuju bahwa mereka lebih berani menyuarakan pendapat mereka setelah belajar dengan model ini.
Copyrights © 2025