JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Literatur Review: Peran Self-Management dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Sutyaningsih, Anak Agung Ayu Dewi (Unknown)
Marayani, Ni Putu Novita (Unknown)
Pratama, I Putu Wahyudi (Unknown)
Agustini, Ni Kadek Emi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Self-management merupakan salah satu keterampilan penting yang mendukung pembentukan kedisiplinan belajar siswa dalam pendidikan abad ke-21. Kedisiplinan belajar menjadi kunci keberhasilan akademik karena mencerminkan tanggung jawab siswa dalam mengelola waktu dan menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoretis hubungan antara self-management dan kedisiplinan belajar siswa melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Penelusuran dilakukan terhadap sembilan artikel ilmiah yang relevan dan terpublikasi dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa self-management terbukti efektif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di jenjang Pendidikan sekolah dasar hingga menengah atas dan kejuruan. Self-management membantu siswa dalam merencanakan kegiatan serta tujuan belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...