Kemampuan menulis teks argumentasi peserta didik kelas IX SMPN 21 Malang masih tergolong rendah, terutama dalam mengembangkan argumen yang logis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks argumentasi melalui penerapan strategi Observ-Think-Write berbantu media gambar profesi. Penelitian menggunakan metode tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes menulis, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Observ-Think-Write dengan media gambar profesi dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa. Terjadi peningkatan keterampilan menulis dari siklus pertama ke siklus kedua. Media gambar profesi juga membantu peserta didik dalam merangsang ide dan meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi tersebut efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis teks argumentasi.
Copyrights © 2025