Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self management sebagai landasan pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan dukungan data kualitatif sebagai triangulasi. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas V SD Negeri 2 Batuan dan satu guru wali kelas sebagai informan wawancara. Instrumen utama berupa angket berdasarkan indikator self management seperti disiplin, kemandirian, pengelolaan waktu, kejujuran, dan pengendalian diri. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata respon positif siswa mencapai 67,4% dan masuk kategori “baik”, meskipun masih terdapat kelemahan pada aspek pengaturan waktu dan inisiatif belajar. Data kualitatif menguatkan bahwa peran guru dan keterlibatan orang tua sangat menentukan penguatan karakter berbasis self management. Penelitian menyimpulkan bahwa self management berkontribusi penting terhadap pembentukan karakter, sehingga diperlukan kolaborasi antara guru, orang tua, dan lingkungan sekolah dalam memperkuat keterampilan tersebut.
Copyrights © 2025