JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peran Self Management sebagai Landasan Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar

Sutyaningsih, Anak Agung Ayu Dewi (Unknown)
Hati, Ni Putu Ayu Nia (Unknown)
Aprilia, Ni Made Lisa (Unknown)
Dharmayanti, Ni Luh Putu Amara (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self management sebagai landasan pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan dukungan data kualitatif sebagai triangulasi. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas V SD Negeri 2 Batuan dan satu guru wali kelas sebagai informan wawancara. Instrumen utama berupa angket berdasarkan indikator self management seperti disiplin, kemandirian, pengelolaan waktu, kejujuran, dan pengendalian diri. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata respon positif siswa mencapai 67,4% dan masuk kategori “baik”, meskipun masih terdapat kelemahan pada aspek pengaturan waktu dan inisiatif belajar. Data kualitatif menguatkan bahwa peran guru dan keterlibatan orang tua sangat menentukan penguatan karakter berbasis self management. Penelitian menyimpulkan bahwa self management berkontribusi penting terhadap pembentukan karakter, sehingga diperlukan kolaborasi antara guru, orang tua, dan lingkungan sekolah dalam memperkuat keterampilan tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...