Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan B Kompetensi profesional guru merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas proses pembelajaran. Supervisi kepala sekolah sebagai bentuk pembinaan dan bimbingan berperan strategis dalam mendukung peningkatan kualitas guru, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan utama adalah kepala sekolah, dan informan tambahan adalah guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi dilakukan melalui tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Supervisi yang dilakukan bersifat membina dan mendukung, serta mengedepankan pendekatan yang reflektif dan humanis. Faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi antara lain adalah komitmen kepala sekolah, hubungan komunikatif antara kepala sekolah dan guru, serta kultur kerja kolaboratif. Adapun faktor penghambatnya mencakup keterbatasan waktu kepala sekolah, kurangnya sumber daya pendukung supervisi, serta kurangnya konsistensi dalam pelaksanaan supervisi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa supervisi kepala sekolah yang terstruktur dan berkesinambungan memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di sekolah berbasis Islam terpadu.
Copyrights © 2025