JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Supervisi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Mutiara Global Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar

Algusyairi, Parisyi (Unknown)
Mudasir, Mudasir (Unknown)
Agustiar, Agustiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan B Kompetensi profesional guru merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas proses pembelajaran. Supervisi kepala sekolah sebagai bentuk pembinaan dan bimbingan berperan strategis dalam mendukung peningkatan kualitas guru, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan utama adalah kepala sekolah, dan informan tambahan adalah guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi dilakukan melalui tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Supervisi yang dilakukan bersifat membina dan mendukung, serta mengedepankan pendekatan yang reflektif dan humanis. Faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi antara lain adalah komitmen kepala sekolah, hubungan komunikatif antara kepala sekolah dan guru, serta kultur kerja kolaboratif. Adapun faktor penghambatnya mencakup keterbatasan waktu kepala sekolah, kurangnya sumber daya pendukung supervisi, serta kurangnya konsistensi dalam pelaksanaan supervisi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa supervisi kepala sekolah yang terstruktur dan berkesinambungan memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di sekolah berbasis Islam terpadu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...