JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Self-Management untuk Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SD: Perspektif Psikopedagogik

Sutyaningsih, Anak Agung Ayu Dewi (Unknown)
Putri, Ni Made Yudhiasari Darma (Unknown)
Widiani, Ni Luh Putu Prika (Unknown)
Jonihartawan, I Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan studi literatur yang membahas pentingnya self-management dalam meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar dari sudut pandang psikopedagogik. Self-management adalah kemampuan mengatur perilaku secara sadar yang berperan dalam membentuk karakter dan kebiasaan belajar positif. Melalui strategi seperti penetapan tujuan, perencanaan, dan refleksi diri, siswa belajar mengelola proses belajarnya secara mandiri. Nilai-nilai seperti disiplin dan tanggung jawab dapat ditanamkan melalui kemampuan ini. Pendekatan psikopedagogik yang menggabungkan prinsip psikologi dan pedagogi memberikan dasar bagi pengembangan siswa secara menyeluruh. Hasil kajian menunjukkan bahwa self-management berdampak positif pada perilaku belajar, prestasi akademik, dan karakter siswa. Oleh karena itu, penerapan self-management sejak dini sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan siswa secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...