JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Kualitas Pendidikan Menuju SDG 4: Kajian Literatur terhadap Tiga Pilar Utama Profesionalisme Guru, Kurikulum Relevan, dan Kebijakan Inklusif”

Syafarudin, Syafarudin (Unknown)
Ardiansyah, Hamdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan keempat (SDG 4), yaitu pendidikan yang inklusif, adil, dan berkualitas, masih menjadi tantangan di Indonesia. Penelitian ini mengkaji tiga komponen utama yang mendukung pencapaian tujuan tersebut: standar profesionalisme guru, kurikulum yang relevan, dan kebijakan pendidikan yang mendukung. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur terhadap sumber-sumber dari tahun 2005 hingga 2025, penelitian ini menemukan bahwa kompetensi guru meliputi pedagogis, personal, profesional, dan sosial memiliki pengaruh besar terhadap mutu pembelajaran. Kurikulum yang relevan harus bersifat inklusif, berbasis kompetensi, dan berorientasi pada nilai karakter, serta dilengkapi dengan evaluasi berkala dan pelibatan komunitas. Kebijakan pendidikan yang efektif harus menjamin pemerataan mutu, mempertimbangkan konteks lokal, dan menyediakan pendanaan berkelanjutan. Integrasi ketiga komponen ini dinilai penting untuk membangun sistem pendidikan yang responsif dan berkualitas. Temuan ini memberikan rekomendasi praktis bagi pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia guna mewujudkan SDG 4.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...