Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh penggunaan handphone terhadap karakter dan proses belajar siswa kelas VIII MTs Nurul Fathimiyah Tembung. Metode kualitatif dengan observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari siswa, guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan handphone yang berlebihan berdampak negatif pada kedisiplinan, konsentrasi, dan sikap empati siswa, sehingga mengganggu proses belajar dan interaksi sosial di sekolah. Penggunaan handphone yang tidak terkontrol menurunkan efektivitas pembelajaran dan membentuk karakter yang kurang baik. Oleh karena itu, peran aktif orang tua dan guru sangat penting dalam mengawasi dan mengarahkan penggunaan handphone. Penguatan pendidikan karakter dan penerapan aturan yang jelas sangat diperlukan agar handphone dapat dimanfaatkan secara positif demi mendukung prestasi akademik dan perkembangan kepribadian siswa secara optimal
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025