JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Integrasi Self-Management dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik melalui Bimbingan Kelompok di Sekolah Dasar

Sutyaningsih, Anak Agung Ayu Dewi (Unknown)
Yoga, I Made Lolyn Anggastyaprana (Unknown)
Putri, I Gusti Agung Mastri Mahadewi Widyas (Unknown)
Oktaviani, Ni Made Lia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi self-management sebagai strategi dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik melalui bimbingan kelompok di sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi literatur (library research), penelitian ini meninjau berbagai publikasi ilmiah terkini untuk mengidentifikasi pola dan efektivitas penerapan self-management dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik self-management yang diimplementasikan melalui bimbingan kelompok secara signifikan meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik yang ditandai dengan berkurangnya perilaku terlambat ke sekolah, meningkatnya tanggung jawab dalam penyelesaian tugas, berkembangnya keterampilan manajemen waktu, terbentuknya sikap dan perilaku positif di kelas, serta meningkatnya kualitas pengerjaan tugas. Meskipun sebagian besar studi yang ditinjau berfokus pada jenjang pendidikan menengah, prinsip-prinsip self-management dapat diadaptasi untuk konteks sekolah dasar dengan modifikasi berupa penyederhanaan bahasa, penggunaan elemen visual, penguatan positif yang intensif, pendampingan terstruktur dari guru dan pelibatan orang tua. Format bimbingan kelompok dengan pendekatan interaktif dan menyenangkan terbukti efektif sebagai wadah penerapan teknik self-management untuk peserta didik usia sekolah dasar. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pendidik dan konselor sekolah dasar dalam mengembangkan program bimbingan yang memfasilitasi pengembangan keterampilan self-management dan kedisiplinan belajar peserta didik sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...