JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Pendekatan CRT Menggunakan Beberan Ular Tangga untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas 8 dalam Materi Budaya Nasional di SMP Negeri 27 Malang

Putri, Nanda Artika (Unknown)
Karimah, Ummi (Unknown)
Widodo, Widodo (Unknown)
Muslikh, Mokhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Permasalahan yang ditemukan adalah minimnya minat dan pemahaman peserta didik mengenai budaya lokal Malang Raya disebabkan oleh metode pembelajaran yang tidak cukup kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan pendekatan Culturally Responsive Teaching dengan menggunakan media berbasis beberan Ular Tangga pada topik pembelajaran budaya nasional. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Data diperoleh melalui lembar observasi, hasil angket dan asesmen formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendekatan CRT dalam proses pembelajaran mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik yang mempengaruhi minat, motivasi dan pemahaman terkait topik budaya nasional. Penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Teams Games Tournament (TGT) dan pendekatan CRT mendukung pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kehidupan nyata peserta didik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan CRT berbasis permainan efektif dalam meningkatkan minat belajar dan keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran budaya nasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...