Permasalahan yang ditemukan adalah minimnya minat dan pemahaman peserta didik mengenai budaya lokal Malang Raya disebabkan oleh metode pembelajaran yang tidak cukup kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan pendekatan Culturally Responsive Teaching dengan menggunakan media berbasis beberan Ular Tangga pada topik pembelajaran budaya nasional. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Data diperoleh melalui lembar observasi, hasil angket dan asesmen formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendekatan CRT dalam proses pembelajaran mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik yang mempengaruhi minat, motivasi dan pemahaman terkait topik budaya nasional. Penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Teams Games Tournament (TGT) dan pendekatan CRT mendukung pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kehidupan nyata peserta didik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan CRT berbasis permainan efektif dalam meningkatkan minat belajar dan keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran budaya nasional.
Copyrights © 2025