Penelitian bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendekatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa kelas 2 di SD Negeri 3 Duda Timur. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi seberapa efektif strategi pembelajaran literasi yang digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa di kelas 2 di SD Negeri 3 Duda Timur. Rendahnya tingkat literasi di Indonesia, khususnya di jenjang sekolah dasar, menjadi latar belakang perlunya strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat baca siswa sejak dini. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 di SD Negeri 3 Duda Timur, dan metode pengumpulan data kuantitatif maupun kualitatif. Siswa mulai menjadi lebih aktif dalam diskusi kelas, lebih antusias dalam memilih dan membaca buku, dan mulai menunjukkan kebiasaan membaca secara mandiri. Metode ini tidak hanya meningkatkan minat baca siswa, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi mereka. Lingkungan belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, dan guru membantu siswa belajar secara lebih kreatif dan individu. Oleh karena itu, strategi literasi ini terbukti berhasil dalam menciptakan budaya membaca yang positif dan berkelanjutan di sekolah dasar.
Copyrights © 2025