JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Efektivitas Pendekatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II di Sekolah Dasar Negeri 3 Duda Timur

Chindytia, Chindytia (Unknown)
Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)
Dwipayana, I Made Bhayu (Unknown)
Mahotama, Ida Bagus Teja (Unknown)
Yudistira, I Nyoman Surya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendekatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa kelas 2 di SD Negeri 3 Duda Timur. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi seberapa efektif strategi pembelajaran literasi yang digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa di kelas 2 di SD Negeri 3 Duda Timur. Rendahnya tingkat literasi di Indonesia, khususnya di jenjang sekolah dasar, menjadi latar belakang perlunya strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat baca siswa sejak dini. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 di SD Negeri 3 Duda Timur, dan metode pengumpulan data kuantitatif maupun kualitatif. Siswa mulai menjadi lebih aktif dalam diskusi kelas, lebih antusias dalam memilih dan membaca buku, dan mulai menunjukkan kebiasaan membaca secara mandiri. Metode ini tidak hanya meningkatkan minat baca siswa, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi mereka. Lingkungan belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, dan guru membantu siswa belajar secara lebih kreatif dan individu. Oleh karena itu, strategi literasi ini terbukti berhasil dalam menciptakan budaya membaca yang positif dan berkelanjutan di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...