Penelitian ini mengkaji strategi pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia yang diterapkan oleh Yayasan Labschool Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan kontribusinya terhadap peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan bahwa Yayasan menerapkan model pengelolaan sumber daya manusia yang adaptif dan terpusat, yang menggabungkan kebijakan terpusat dengan penyesuaian kontekstual di tingkat sekolah. Inisiatif utama yang dilakukan antara lain standarisasi status kepegawaian melalui penerbitan surat keputusan GTY (Guru Tetap Tetap) dan GTTY (Guru Tetap Tidak Tetap), rekrutmen terbuka berdasarkan penilaian kompetensi, pengawasan berkala, dan program pengembangan profesi berbasis kebutuhan. Upaya-upaya ini berkontribusi signifikan terhadap penguatan profesionalisme guru dan peningkatan kualitas pendidikan. Meskipun ada penolakan terhadap perubahan, perbedaan budaya antar sekolah, dan penyesuaian administratif bagi staf yang sudah lama menjabat, transformasi ini telah berhasil membangun ekosistem pendidikan yang lebih terstruktur, profesional, dan akuntabel.
Copyrights © 2025