Penelitian ini bermaksud guna mengkaji bagaimana model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat menambah kreativitas siswa SD di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Dengan memakai pendekatan Systematic Literature Review (SLR), sebanyak 29 artikel ilmiah di mana dikeluarkan dari tahun 2020 hingga 2025 dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan jika PjBL memberikan 3pengalaman belajar yang aktif dan bermakna lewat keterlibatan langsung siswa dalam proyek kontekstual yang membutuhkan pemecahan masalah yang kreatif. Model ini juga memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis, kerja tim, dan penciptaan karya inovatif. Selain itu, implementasi PjBL secara sistematis mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi telah terbukti meningkatkan aktivitas belajar dan capaian pembelajaran siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah strategi implementasi yang efektif serta tantangan yang perlu diperhatikan, seperti kesiapan guru, dukungan fasilitas, dan manajemen kelas. Secara komprehensif, temuan ini mendukung jika PjBL ialah pendekatan yang tepat untuk diterapkan dalam konteks Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2025