JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Gaya Gravitasi

Ningrum, Evi Wahyuni Kusuma (Unknown)
Bella, Shinta (Unknown)
Saputra, Andriawan (Unknown)
Zuama, Laksa Al (Unknown)
Prasetyo, Doddy Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Pemahaman yang keliru terhadap konsep gaya gravitasi masih sering ditemukan dalam pembelajaran IPA di tingkat SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk-bentuk miskonsepsi yang dialami peserta didik pada materi gaya gravitasi. Miskonsepsi yang paling umum meliputi kesalahan dalam memahami arah gaya gravitasi, cara kerja orbit satelit, serta hubungan antara massa dan jarak terhadap gaya tarik. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif menggunakan tes diagnostik two-tier kepada 30 peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa 70,7% peserta didik mengalami miskonsepsi, dengan tingkat tertinggi pada konsep orbit satelit. Temuan ini menegaskan pentingnya pembelajaran yang interaktif dan menggunakan visualisasi untuk membantu siswa membangun pemahaman ilmiah yang lebih tepat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...