JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Self-Management Sebagai Pilar Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Analisis Kritis Psikopedagogi

Sutyaningsih, Anak Agung Ayu Dewi (Unknown)
Anzelina, Dewi (Unknown)
Aristyawati, Ni Made Gita (Unknown)
Wibaniti, Putu Ratih (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Self-management adalah keterampilan sosial-emosional penting yang berperan dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep self-management dalam konteks pendidikan dasar, menganalisis relevansinya terhadap pendidikan karakter, serta mengusulkan integrasinya melalui pendekatan psikopedagogik. Kajian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa self-management mendukung kemandirian, tanggung jawab, dan kesadaran belajar siswa. Namun, implementasinya di sekolah masih bersifat simbolik dan belum terstruktur. Pendekatan psikopedagogik, yang menyatukan aspek kognitif, afektif, dan sosial, dinilai efektif untuk mengembangkan self-management secara holistik. Kajian ini merekomendasikan pengembangan model pembelajaran, pelatihan guru, dan sistem evaluasi yang mendukung pembiasaan self-management dalam pembelajaran karakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...