JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

KH. Ahmad Dahlan’s Educational Reform Paradigm: a Solution to the Crisis in Islamic Education in Indonesia

Mala, Asnal (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2023

Abstract

Saat ini, pendidikan Islam di Indonesia menghadapi banyak tantangan, termasuk kurikulum yang stagnan, dualisme sistem pendidikan, dan rendahnya daya saing lulusan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi paradigma pembaruan pendidikan yang digagas oleh KH. Ahmad Dahlan sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan historis-filosofis melalui studi pustaka terhadap karya-karya KH. Ahmad Dahlan dan literatur terkait reformasi pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paradigma pembaruan KH. Ahmad Dahlan, yang menekankan rasionalitas, kebebasan berpikir, dan integrasi ilmu agama serta umum, mampu menjawab tantangan pendidikan Islam kontemporer. Kesimpulannya, paradigma pembaruan ini penting untuk diaktualisasikan dalam merancang sistem pendidikan Islam yang adaptif dan progresif sesuai tuntutan zaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...