JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas Siswa SD Mata Pelajaran Matematika

Wulandari, Arvita Indah (Unknown)
Maisaroh, Siti (Unknown)
Aini, Qurrotul (Unknown)
Siswoyo, Andika Adinanda (Unknown)
Winarin, Winarin (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas IV SDN Tajungan Kamal dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan STEAM berbasis proyek. Masalah utama sebelumnya adalah rendahnya pemahaman konsep matematika, terutama operasi perkalian dan pembagian, serta kurangnya keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dalam dua siklus, dengan 23 siswa sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai naik dari 47,65 menjadi 77,61, dan ketuntasan belajar meningkat dari 0% menjadi 86,96%. Selain peningkatan kognitif, terlihat pula perkembangan afektif dan psikomotorik seperti kreativitas, kerja sama, dan antusiasme. Temuan ini membuktikan bahwa pembelajaran STEAM berbasis proyek efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep serta keterampilan abad ke-21 pada siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...