JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Nurddin, Dina Firliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dan hambataan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif berbentuk deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas V dan siswa kelas V SD Negeri 12 Gu berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini adalah upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar Matematika pada siswa kelas V meliputi: a) memastikan kesiapan belajar siswa, b) menggunakan media pembelajaran, c) mengaitkan permasalahan yang diberikan terkait kehidupan sehari-hari, d) memberikan soal sesuai kemampuan siswa, e) memberi kebebasan untuk menyelesaikan masalah dan menghilangkan rasa takut siswa untuk belajar matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...