JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Studi Komparatif Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Indonesia dan Negara-Negara Muslim Lainnya

Ervina, Ervina (Unknown)
Awalliyah, Nurul (Unknown)
Soleha, Ummi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini membandingkan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia, Arab Saudi, Mesir, Turki, dan Malaysia melalui pendekatan studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran PAI sangat dipengaruhi oleh konteks sosial, budaya, dan kebijakan pendidikan masing-masing negara. Indonesia menekankan moderasi dan keberagaman, Malaysia mengintegrasikan ilmu agama dan umum, Mesir mempertahankan metode tradisional berbasis Al-Azhar, Turki menerapkan pendekatan kritis dan sekuler, sementara Arab Saudi fokus pada pemurnian akidah berbasis Wahabisme. Perbedaan ini mencerminkan cara tiap negara merespons tantangan globalisasi dan kebutuhan generasi muda Muslim. Temuan ini menunjukkan pentingnya kontekstualisasi dalam pengembangan metode pembelajaran PAI agar lebih relevan, inklusif, dan adaptif terhadap perubahan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...