JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Makna Penggunaan Metode Visual Mapping dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Akidah Akhlak

Ervina, Ervina (Unknown)
Trisesa, Restia (Unknown)
Usela, Sania (Unknown)
Ulan, Seri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna penggunaan metode visual mapping dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode visual mapping merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan gambar, simbol, dan peta konsep untuk memvisualisasikan materi ajar secara sistematis dan menarik. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada siswa di jenjang pendidikan menengah pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan visual mapping mampu meningkatkan daya tarik siswa terhadap materi, membantu pemahaman konsep-konsep abstrak dalam Akidah Akhlak, serta memperkuat keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, metode ini tidak hanya memperkaya strategi pengajaran, tetapi juga memberikan makna baru dalam upaya menumbuhkan minat belajar yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...