JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Booklet Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Materi Siklus Air Kelas V SDN Minggirsari

Ma’rifah, Lathifatul (Unknown)
Alfi, Cindya (Unknown)
Wafa, Khoirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini didasarkan permasalahan literasi sains peserta didik tergolong rendah disebabkan minimnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar sains dan metode pengajaran yang terbatas. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana proses, kevalidan, dan kelayakan pengembangan disertai peningkatan literasi sains peserta didik setelah menggunakan booklet berbasis STEM materi siklus air. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Minggirsari. Prosedur penelitian dilakukan melalui empat tahapan, yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate. Penelitian pengembangan ini mendapatkan hasil media dengan tingkat kevalidan ahli materi 97,25%, ahli bahasa 87,5%, ahli materi 97,22% dan peningkatan literasi sains dengan perhitungan N-Gain dari nilai pretest postest bernilai 0,83 dengan kriteria tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...