Penelitian ini didasarkan permasalahan literasi sains peserta didik tergolong rendah disebabkan minimnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar sains dan metode pengajaran yang terbatas. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana proses, kevalidan, dan kelayakan pengembangan disertai peningkatan literasi sains peserta didik setelah menggunakan booklet berbasis STEM materi siklus air. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Minggirsari. Prosedur penelitian dilakukan melalui empat tahapan, yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate. Penelitian pengembangan ini mendapatkan hasil media dengan tingkat kevalidan ahli materi 97,25%, ahli bahasa 87,5%, ahli materi 97,22% dan peningkatan literasi sains dengan perhitungan N-Gain dari nilai pretest postest bernilai 0,83 dengan kriteria tinggi.
Copyrights © 2025