JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Internalisasi Nilai-Nilai Kristen dalam Pembelajaran Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis di Prodi Pendidikan Bisnis UNIMED Stambuk 2023

Sitorus, Ribka Intan Marini (Unknown)
Simarmata, Maygel Maniar (Unknown)
Sihaloho, Sarah Debora (Unknown)
Marbun, Christ Jhon (Unknown)
Hutabarat, Hizkia Sumihar (Unknown)
Ritonga, Nova (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Artikel ini membahas proses internalisasi nilai-nilai Kristen dalam pembelajaran mata kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis di Program Studi Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Medan, khususnya terhadap mahasiswa stambuk 2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana nilai-nilai seperti kasih, kejujuran, tanggung jawab, dan integritas diintegrasikan ke dalam proses belajar-mengajar dan bagaimana mahasiswa merespons nilai-nilai tersebut dalam praktik pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi kelas, wawancara dengan dosen pengampu, serta studi dokumen seperti Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Kekristenan telah diupayakan untuk ditanamkan melalui keteladanan dosen, diskusi etika bisnis, dan refleksi mahasiswa terhadap kasus-kasus komunikasi nyata. Dosen memainkan peran penting sebagai fasilitator sekaligus role model dalam pembentukan karakter mahasiswa. Internalisasi nilai terbukti mendorong mahasiswa untuk berpikir lebih kritis, bertindak etis, dan memperkuat dimensi spiritualitas dalam lingkungan akademik. Penelitian ini merekomendasikan agar nilai-nilai Kristiani semakin ditonjolkan secara eksplisit dalam desain pembelajaran, dan bukan hanya terintegrasi secara implisit melalui sikap atau narasi informal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...