Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa cenderung jenuh, kurang tertarik, dan terkadang ada yang kurang fokus. Siswa hanya pasif menerima informasi dari guru sebagai sumber utama bahan ajar dimana kekuasaan sepenuhnya dipegang oleh guru sehingga situasi dan suasana di dalam kelas menjadi kurang menyenangkan, dan siswa pun menjadi tidak mandiri dalam memahami materi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dalam bab mawaris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Ekonomika 1 dan kelas XI Ekonomika 2 . Sampel yang diambil dikelas eksperimen XI Ekonomika 1 sebanyak 35 siswa dan dan kelas kontrol XI Ekonomika 2 sebanyak 32 siswa orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat peningkatan dalam kemandirian dan hasil belajar siswa setelah melaksanakan Model pembelajaran Project Based Learning dari Hasil dari Uji Paired T-Test dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil skor signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 3 Kota Pekanbaru. Kemudian, pada Model pembelajaran project based learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa dilihat dari hasil uji two way anova didapatkan bahwa terdapat nilai sig. 0,003 lebih kecil dari < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian ada interaksi antara model pembelajaran project based learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN 3 Kota Pekanbaru
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025