JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh E–Modul terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pembina Bangsa

Devi, Sri (Unknown)
Zakir, Supratman (Unknown)
Ilmi, Darul (Unknown)
Junaidi, Junaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang efektifnya proses pembelajaran di kelas yang masih berpusat pada guru (teacher center), guru masih menggunakan metode ceramah dan media konvensional, guru mencatat pembelajaran di papan tulis dan siswa menyalin catatan yang di tulis guru. Hal ini mengakibatkan siswa cenderung cepat bosan saat proses pembelajaran, dan akibatnya siswa lebih cepat lupa pada pembahasan yang baru di berikan oleh guru.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan signifikan  Pengaruh E - Modul Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Pembina Bangsa. Jenis penelitian adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMK Pembina Bangsa Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah tes yang diberikan kepada sampel sebanyak 10 buah soal essay. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perbedaan signifikan menggunakan e-modul dan tanpa menggunakan e-modul di kelas X SMK Pembina Bangsa. Dari Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen menggunakan e-modul adalah 84.72, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol tanpa menggunakan e-modul adalah 70.50 Dan perbedaan yang signifikan juga dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar menggunakan e-modul sebesar 20,06 %. Pengolahan data terakhir melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Dari perhitungan hasil belajar >  (4,954 > 1,697) dengan a = 0,05 pada  selang  kepercayaan 95%, maka H0 ditolak dan  H1 diterima artinya hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang signifikan penggunaan e- modul terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Pembina Bangsa lebih tinggi dibandingkan tanpa penggunaan e-modul.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...