JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Macam-Macam Pasar Modal Syariah secara Umum dan Berdasarkan Tempatnya

Batubara, Maryam (Unknown)
Sitepu, Fatiya Febina (Unknown)
Saragih, Nadya Zahwani (Unknown)
Sirait, Fitri Haraya (Unknown)
Dinanti, Egicha Putri Wayuling (Unknown)
Nst, M.Yazid Mufhty (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Pasar modal syariah merupakan instrumen penting dalam sistem keuangan Islam yang terus mengalami pertumbuhan, khususnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji macam-macam pasar modal syariah secara umum dan berdasarkan tempat operasionalnya, serta menganalisis peran strategis dan potensi pengembangannya. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berbasis studi pustaka, artikel ini menemukan bahwa pasar modal syariah dapat diklasifikasikan menjadi pasar domestik, regional, dan internasional, masing-masing dengan tantangan dan karakteristik tersendiri. Instrumen utama dalam pasar modal syariah meliputi saham syariah, sukuk, dan reksa dana syariah yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Temuan menunjukkan bahwa pasar modal syariah memiliki kontribusi signifikan terhadap pembangunan nasional, terutama melalui pembiayaan syariah, inklusi keuangan, dan penguatan literasi publik. Potensi pengembangan ke depan didukung oleh inovasi digital, sinergi antar-lembaga, serta peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya investasi berbasis syariah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengambil kebijakan, akademisi, dan pelaku industri keuangan syariah dalam memperkuat ekosistem pasar modal syariah yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...