JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pendidikan Karakter di SDN Karanganyar 02: Pendekatan Kontekstual Berbasis Perspektif Guru Kelas

Azzahra, Alya Afifah (Unknown)
Ratnaningrum, Ika (Unknown)
Citra, Denisa Tiara (Unknown)
Alhusna, Raihani (Unknown)
Sari, Danisa Maulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri dan menganalisis karakteristik pengembangan karakter di sekolah dasar dari perspektif guru kelas. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana guru berperan dalam proses pendidikan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di SDN Karanganyar 02. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karakter dilakukan melalui pembiasaan, keteladanan, serta integrasi nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran. Guru berperan aktif sebagai teladan dalam membentuk sikap dan perilaku siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran guru sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pembentukan karakter. Disarankan agar sekolah memberikan pelatihan berkelanjutan bagi guru serta membangun kerja sama yang kuat dengan orang tua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...