Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam menanamkan perilaku disiplin siswa di SMP Negeri 2 Dampal Selatan, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn memegang peran penting dalam pembinaan kedisiplinan melalui keteladanan, pembiasaan, sanksi edukatif, pengawasan, dan program sekolah seperti Cerdas Berkarakter. Faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah yang kondusif, fasilitas yang memadai, serta dukungan data dan program siswa. Hambatan yang dihadapi berasal dari latar belakang keluarga, pengaruh lingkungan sosial negatif, serta inkonsistensi guru dalam menegakkan aturan. Penelitian ini menegaskan pentingnya keterlibatan guru secara moral dan afektif, tidak hanya kognitif, dalam pendidikan karakter. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan praktik pedagogis yang kontekstual dan humanistik dalam pendidikan karakter di sekolah menengah.
Copyrights © 2025