JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Efektivitas Media Pembelajaran Berbantuan Youtube terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Narasi Sejarah Kelas XI SMK EKATAMA, Pekanbaru

Setiawati, Sonia (Unknown)
Charlina, Charlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbantuan YouTube terhadap hasil belajar menulis teks narasi sejarah siswa kelas XI SMK EKATAMA Pekanbaru. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan keterampilan siswa dalam menulis teks sejarah yang disebabkan oleh kurang menariknya metode pembelajaran konvensional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakan media video YouTube dalam model pembelajaran Discovery Learning guna meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental design) dan desain non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media YouTube dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes menulis teks narasi sejarah yang diberikan dalam bentuk pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbantuan YouTube dengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media YouTube efektif dalam meningkatkan hasil belajar menulis teks narasi sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...