JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Segmentasi Minat Baca Mahasiswa UINSU Menggunakan K-Means Clustering

Nasution, Afri Yunda (Unknown)
Sembiring, Yogasurya Pranantha (Unknown)
Rifnandy, Muhammad Fauzan (Unknown)
Mahendra, Rifandi (Unknown)
Furqan, Mhd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Minat baca mahasiswa merupakan salah satu indikator penting dalam menunjang kualitas akademik di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmentasi minat baca mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggunakan metode K-Means Clustering. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup frekuensi membaca, jenis bacaan yang diminati, waktu yang dihabiskan untuk membaca, serta motivasi membaca. Metode K-Means digunakan untuk mengelompokkan mahasiswa ke dalam beberapa segmen berdasarkan kesamaan karakteristik minat baca. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa dapat diklasifikasikan ke dalam tiga klaster utama, yaitu: (1) kelompok dengan minat baca tinggi, (2) kelompok dengan minat baca sedang, dan (3) kelompok dengan minat baca rendah. Segmentasi ini diharapkan dapat membantu pihak kampus dalam merancang program peningkatan literasi yang lebih terarah dan sesuai dengan karakteristik masing-masing segmen mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...