Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-concept (konsep diri) terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Agam. Self-concept merupakan faktor intrinsik yang memengaruhi cara pandang peserta didik terhadap dirinya sendiri dan berdampak langsung pada semangat serta ketekunan dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto dan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian berjumlah 172 peserta didik yang dipilih melalui teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Hasil analisis data menunjukkan bahwa self-concept memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien determinasi sebesar 12%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin positif konsep diri peserta didik, semakin tinggi pula motivasi mereka dalam belajar. Oleh karena itu, penguatan self-concept menjadi strategi penting dalam meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh..
Copyrights © 2025