JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar dan Peran Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 15 Jakarta Barat

Vara, Deva El (Unknown)
Sari, Maemunah Nurmaya (Unknown)
Mashita, Juni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 15 Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel 186 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik cluster sampling. Hasil pengujian parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif antara pelaksanaan kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi belajar siswa, dan juga terdapat pengaruh signifikan positif antara peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Secara simultan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar (X1) dan peran guru (X2) berpengaruh signifikan positif terhadap motivasi belajar siswa (Y). Dari hasil koefisiensi determinasi didapat kesimpulan bahwa sebesar 65,2% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dan peran guru dan sisanya sebesar 34,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...