JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Disrupsi dan Era Society 5.0 di Program Studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Mardiah, Ainun (Unknown)
Suhardiman, Suhardiman (Unknown)
Hidayat, Muhammad Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus di Program Studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar, untuk mendeskripsikan dampak dari implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Program Studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Program Studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar, dan untuk mengetahui upaya yang harus dilakukan Program Studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk menghadapi era disrupsi dan era society 5.0. Penelitian implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam menghadapi era disrupsi dan era society 5.0 di Program Studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian adalah Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Program Studi Pendidiksn Fisika UIN Alauddin Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kurikulum Merdeka Belajar Kampus merdeka yang diimplementasikan di Program Studi Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar mencakup dua bentuk yaitu pertukaran pelajar dan magang. Dampak positif dari kurikulum Merdeka Belajar Kampus merdeka meningkatkan keterampilan teknologi, meningkatkan kemampuan komunikasi dan cara mengajar mahasiswa. Hambatan yang dihadapi yaitu keterbatasan saran dan prasarana serta kesulitan dalam proses persuratan. Dan upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kurikulum yaitu terus membangun kerja sama dengan kampus se-PTKIN dan melakukan evaluasi secara berkala setiap semester.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...