Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap kemampuan kognitif dan profil pelajar Pancasila siswa kelas IV di SDN Palasari 03. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen untuk menjawab permasalahan yang ditemukan selama proses pembelajaran, seperti rendahnya keterlibatan kognitif, kurangnya pengembangan karakter, sikap pasif siswa, serta minimnya inisiatif guru dalam mendorong perbaikan. Sampel terdiri dari 56 siswa yang dipilih melalui teknik random sampling sederhana dari dua kelas (IV-A dan IV-B). Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis yaitu pretest dan posttest, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pretest menunjukkan rata-rata kemampuan kognitif sebesar 52,43 (kelas eksperimen) dan 56,18 (kelas kontrol), sedangkan hasil posttest meningkat menjadi 78,14 dan 72,36. Analisis effect size menghasilkan nilai sebesar 1,55 yang dikategorikan sebagai pengaruh tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT secara signifikan eningkatkan kemampuan kognitif dan penguatan karakter siswa sekolah dasar dalam konteks kelas nyata secara optimal.
Copyrights © 2025