Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penulisan teks biografi yang dilakukan oleh siswa kelas X SMAN 1 Krangkeng, khususnya pada aspek ejaan, morfologi, diksi, dan tanda baca. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik dokumentasi teks biografi siswa dalam bentuk foto. Data dianalisis dengan mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kesalahan dalam aspek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan paling sering ditemukan yaitu pada aspek ejaan, terutama pada penggunaan huruf kapital, nama orang, nama geografis, dan nama jabatan. Selain itu, ditemukan kesalahan diksi dan tanda baca, seperti penggunaan koma dan titik, serta kesalahan pada aspek diksi dan morfologi. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar evaluasi dan perbaikan dalam pengajaran menulis agar siswa mampu menyampaikan ide secara tepat dan komunikatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025