JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Penulisan Ejaan, Morfologi, Diksi, dan Tanda Baca pada Teks Biografi Siswa SMA Kelas X

Kartika, Navila Ayuni (Unknown)
Gita, Gita (Unknown)
Kusmana, Suherli (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penulisan teks biografi yang dilakukan oleh siswa kelas X SMAN 1 Krangkeng, khususnya pada aspek ejaan, morfologi, diksi, dan tanda baca. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik dokumentasi teks biografi siswa dalam bentuk foto. Data dianalisis dengan mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kesalahan dalam aspek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan paling sering ditemukan yaitu pada aspek ejaan, terutama pada penggunaan huruf kapital, nama orang, nama geografis, dan nama jabatan. Selain itu, ditemukan kesalahan diksi dan tanda baca, seperti penggunaan koma dan titik, serta kesalahan pada aspek diksi dan morfologi. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar evaluasi dan perbaikan dalam pengajaran menulis agar siswa mampu menyampaikan ide secara tepat dan komunikatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...