JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Kendala Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMPN 4 Koto XI Tarusan

Ananda, Riski Maulita (Unknown)
Azzahra, Firda (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Studi ini bertujuan guna menganalisis kendala kerjasama siswa dalam diskusi pembelajaran IPA di SMPN 4 Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan. Metode penelitian yang dipakai guna deskriptif dengan teknik pengumpulan data Cluster Random Sampling, melibatkan siswa kelas VII dan VIII. Instrumen penelitian berupa angket yang meliputi 20 butir pernyataan. Temuan studi membuktikan adanya pengaruh gender terhadap kendala kerjasama siswa dengan nilai statistik 0,127. Sebanyak 75% siswa mengalami kendala kerjasama dalam kategori kuat, 12,5% pada kategori sedang, dan 12,5% dalam kategori sangat kuat. Siswa laki-laki cenderung mengalami kesulitan lebih besar dalam bekerjasama dibandingkan siswa perempuan. Kendala utama yang dihadapi meliputi kesulitan menerima dan menghargai pendapat teman, mengatur emosi, serta mengikuti aturan diskusi. Penelitian ini menekankan betapa pentingnya menciptakan metode pengajaran yang efisien untuk meningkatkan kapasitas siswa dalam kerja sama tim saat mempelajari sains, terutama dalam mengatasi perbedaan gender dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...