Journal of Education, Language, Social and Management
Vol. 2 No. 2 (2024): November

Tinjauan Sosiolinguistik Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Arab

Nurjannah Tanjung (Unknown)
Futri Pohan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Banyak sekolah atau lembaga pendidikan khususnya yang bernuansa Islam menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa asing yang diutamakan untuk dikuasai oleh siswanya. Tugas pengajar selanjutnya adalah bagaimana bahasa Arab yang dipelajari dapat diterima dan dikuasai tetapi juga selaras dengan budaya penutur asli bahasa Arab itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena historis pembelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Studi pustaka berupaya untuk menghimpun sejumlah informasi dari sumber pustaka berupa dokumen. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa sosiolinguistik dapat mempelajari berbagai bahasa dari sudut pandang pengguna. Penelitian ini dibatasi pada analisis historis dokumen pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Penelitian ini memungkinkan penelitian lebih lanjut yang mengeksplorasi pemanfaatan sosiolinguistik sebagai kajian proses pembelajaran bahasa Arab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jelim

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Education, Language, Social and Management is a research journal published since 2023 by Cendekia Indonesia. This journal aims to disseminate research results to academics, practitioners, students and other parties interested in the fields of Education Management and Social sciences, ...