Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat di era Revolusi Industri 5.0 menuntut pendidikan di Indonesia untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran, termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI). Era ini menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi pendidikan Islam untuk tetap mempertahankan nilai-nilai keagamaan sambil mengadopsi inovasi pembelajaran yang lebih kreatif dan digital. SMK Muhammadiyah 3 Weleri memiliki visi mencetak generasi yang cerdas intelektual, spiritual, dan berakhlak mulia, sehingga penting bagi pembelajaran PAI untuk menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara pada guru dan siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran PAI mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa tanpa mengabaikan nilai-nilai keislaman. Pendekatan pembelajaran inovatif juga efektif menumbuhkan kesadaran moral dan kemampuan berpikir kritis siswa. Meski demikian, terdapat kendala seperti keterbatasan sarana teknologi dan kesiapan guru dalam penggunaan metode digital. Oleh karena itu, dukungan dan pengembangan kapasitas guru serta penyediaan fasilitas teknologi sangat diperlukan. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model pembelajaran PAI yang adaptif terhadap teknologi agar pendidikan agama dapat menghasilkan generasi yang kompeten secara teknologi sekaligus berkarakter Islami.
Copyrights © 2025