Pendidikan agama islam memiliki peran penting dalam membentuk moral dan karakter peserta didik. Penelitian ini mengkaji integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Darul Amanah Bedono. Berangkat dari permasalahan dekadensi moral remaja, pesantren ini berupaya menjawab tantangan tersebut melalui kurikulum pendidikan karakter yang menyatu dengan nilai-nilai keislaman. Fokus penelitian adalah mengidentifikasi strategi integrasi dan menganalisis dampaknya terhadap pembentukan karakter santri. Melalui metode deskriptif kualitatif dan kajian pustaka, penelitian ini menemukan bahwa Pondok Pesantren Darul Amanah Bedono mengimplementasikan berbagai strategi integrasi, termasuk integrasi tematik, pendekatan berbasis projek, integrasi lintas kurikulum & pengembanagan potensi santri, pembiasaan dan budaya pesantren, serta orientasi mutu lulusan. Integrasi ini bertujuan tidak hanya mengajarkan pemahaman agama secara tekstual, tetapi juga menanamkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari santri. Hasil dari penelitan ini mengambarkan dampak positif dari integrasi ini sangat signifikan, meliputi a) pembentukan karakter dan b) akhlak santri yang kuat, c) kedisiplinan, d) ketaatan beribadah, e) amanah, f) kemandirian, g) penguasaan ilmu agama dan h) pengetahuan umum yang luas, serta lahirnya generasi pendidik dan dai profesional. Dapat disimpulkan bahwa, integrasi nilai-nilai PAI dalam kurikulum menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan inspiratif, menghasilkan lulusan yang beridentitas keislaman kuat, berpengetahuan luas, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat
Copyrights © 2025