Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol. 1 No. 2 (2025): APRIL-JUNI 2025

Pendidikan Berbasis Nilai dalam Peradaban Islam Klasik: Solusi untuk Krisis Moral dalam Dunia Pendidikan Modern

Tedy Dwi Cahyadi (Unknown)
Ani Marlia (Unknown)
M. Firman Al-Ikhsan (Unknown)
Nur Hidayah Adelia (Unknown)
Putri Andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Krisis etika dalam pendidikan masa kini nampak jelas dari bertambahnya perilaku negatif di kalangan siswa, seperti bullying, penyalahgunaan teknologi, dan penurunan moral. Saat ini, sistem pendidikan sekarang lebih fokus pada aspek akademis dan kurang memperhatikan pengembangan karakter. Artikel ini membahas pendidikan Islam klasik sebagai jawaban untuk mengatasi krisis ini melalui analisis literatur mengenai pemikiran tokoh seperti Al-Ghazali dan Ibn Sina. Pendidikan Islam klasik menekankan pentingnya penggabungan antara ilmu pengetahuan, akhlak, dan nilai ketuhanan, serta menyoroti peran guru sebagai pembimbing moral. Kurikulum yang digunakan tidak hanya menitikberatkan pada aspek kognitif, tetapi juga spiritual dan emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini sangat relevan untuk diterapkan dalam pendidikan modern demi menciptakan generasi yang tidak hanya pintar, tetapi juga memiliki akhlak yang baik dan integritas. Oleh karena itu, pendidikan Islam tradisional bisa menjadi model strategis dalam membentuk karakter dan moralitas generasi saat ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jisoh

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang diterbitkan oleh Indo Publishing menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah dari Dosen, Peneliti, Praktisi dan Mahasiswa dengan fokus dan ruang lingkup terdiri dari; ILMU SOSIAL (Sosiologi, Antropologi, Ilmu ekonomi, Sejarah, Ilmu politik, Ilmu ...