Iftitiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 1 (2025): IFTITIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Peran Guru dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini pada Siswa Kelas A TK Al-Qur’an Nahdlatut Tujjar

Latifah, Nurul (Unknown)
Mubarok, Frenky (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa kelas A TK Al-Qur’an Nahdlatut Tujjar. Kemampuan membaca Al-Qur'an merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting dalam pendidikan agama Islam, yang tidak hanya membutuhkan pembelajaran teknis tetapi juga pembentukan karakter spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggali lebih dalam tentang peran guru dan orang tua dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran signifikan dalam memberikan metode pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa, seperti penggunaan metode Iqro’ dan pembelajaran berbasis permainan. Guru juga memberikan perhatian lebih kepada siswa yang membutuhkan bantuan khusus dalam mengenal huruf hijaiyah dan membaca dengan tajwid yang benar. Di sisi lain, orang tua berperan sebagai pendamping di rumah, memberikan motivasi, serta menciptakan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran anak. Kerja sama antara guru dan orang tua terbukti meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, terutama melalui komunikasi yang terjalin dengan baik dan pelaksanaan pembelajaran yang berkesinambungan antara sekolah dan rumah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinergi antara peran guru dan orang tua sangat berpengaruh dalam mendukung perkembangan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa, serta membentuk kebiasaan positif yang berkelanjutan dalam kehidupan mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijpiaud

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Nursing Other

Description

IFTITIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini (IJIPIAUD) accepts articles that have never been published in other print media. The scope of IJIPIAUD articles includes: development of moral and religious values, physical motor development, social emotional development, cognitive ...