Griya Journal of Mathematics Education and Application
Vol. 5 No. 2 (2025): Juni 2025

ChatGPT sebagai Asisten Pemrograman: Studi Deskriptif pada Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran MATLAB

Salsabila, Nilza Humaira (Unknown)
Wulandari, Nourma Pramestie (Unknown)
Tyaningsih, Ratna Yulis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa pendidikan matematika dalam menggunakan ChatGPT sebagai alat bantu dalam menyusun program MATLAB pada pembelajaran Komputer Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan empat mahasiswa yang bekerja dalam dua kelompok kecil. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas yang berisi tugas membuat tiga program MATLAB dengan bantuan ChatGPT dan pertanyaan refleksi tentang pemahaman, tantangan, dan kepercayaan diri mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT membantu mahasiswa memahami struktur program, mempercepat proses penulisan kode, dan meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pemrograman. Mahasiswa juga menyadari bahwa tidak semua jawaban dari ChatGPT langsung sesuai, sehingga perlu tetap berpikir kritis dan memeriksa kembali setiap kode. Secara umum, ChatGPT dinilai bermanfaat dalam proses belajar pemrograman, terutama jika digunakan bersama pemahaman konsep yang baik. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan lebih banyak peserta dan menerapkan ChatGPT pada topik matematika lain.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Griya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Griya Journal of Mathematics Education and Application adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun ...