Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa pendidikan matematika dalam menggunakan ChatGPT sebagai alat bantu dalam menyusun program MATLAB pada pembelajaran Komputer Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan empat mahasiswa yang bekerja dalam dua kelompok kecil. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas yang berisi tugas membuat tiga program MATLAB dengan bantuan ChatGPT dan pertanyaan refleksi tentang pemahaman, tantangan, dan kepercayaan diri mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT membantu mahasiswa memahami struktur program, mempercepat proses penulisan kode, dan meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pemrograman. Mahasiswa juga menyadari bahwa tidak semua jawaban dari ChatGPT langsung sesuai, sehingga perlu tetap berpikir kritis dan memeriksa kembali setiap kode. Secara umum, ChatGPT dinilai bermanfaat dalam proses belajar pemrograman, terutama jika digunakan bersama pemahaman konsep yang baik. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan lebih banyak peserta dan menerapkan ChatGPT pada topik matematika lain.
Copyrights © 2025