Jurnal Agristan
Vol 7, No 1 (2025): Jurnal Agristan

MINAT PEMBELIAN SAYUR MELALUI E-COMMERCE DI KABUPATEN PURWAKARTA

Indrianingsih, Rohayati Suci (Unknown)
Hidayat, Tita Nurmalinasari (Unknown)
Rahmawati, Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

E-commerce menjadi tren yang memberikan kemudahan bagi konsumen dalam berbelanja termasuk belanja produk pertanian seperti sayuran. Meskipun sudah tersedia kemudahan dengan adanya teknologi dalam kegiatan jual beli berupa e-commerce, masih banyak konsumen yang belum memanfaatkannya dalam memenuhi kebutuhannya akan sayuran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat pembelian konsumen terhadap sayur melalui e-commerce serta faktor yang mempengaruhinya. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta bulan Desember 2024 – Januari 2025. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode survei. Pengambilan sampel ditarik menggunakan metode insidental dengan ukuran sampel 100. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat pembelian konsumen terhadap sayur melalui e-commerce termasuk pada kategori sedang. Persepsi harga dan persepsi kualitas memberikan pengaruh signifikan terhadap minat pembelian konsumen baik secara simultan maupun secara parsial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

agristan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Agristan (e-ISSN: 2723-5866 dan p-ISSN: 2723-5858) merupakan karya ilmiah yang dipublikasikan secara berkala, dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Mei dan November sebagai media penyebaran informasi hasil penelitian untuk dosen, peneliti, dan praktisi. Jurnal Agristan diterbitkan oleh ...