Semanggi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2025): April 2025

PSIKOEDUKASI PARENTING BAGI IBU MUDA TENTANG BAHAYA GADGET PADA ANAK USIA DINI DI DESA KEDUNGOTOK

Ferdiansah, Muhammad Vicky (Unknown)
Winarsih, Rini Winarsih (Unknown)
Septian, Afan Maulana (Unknown)
Firnanda, Basyid (Unknown)
Setiawan, Bhayu Aji (Unknown)
Mubarak, Abdulah (Unknown)
Hanafi, Mohammad Iqbal (Unknown)
Hakim, Lukman (Unknown)
Fadilah, Ilham risqi (Unknown)
Suprianto, Edi (Unknown)
Resaldi A, Devano Ilham (Unknown)
Saputra, Zanuar Faudino (Unknown)
Novitasari, Intan Sekar (Unknown)
Fahad, Fahad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan dampak bagi setiap elemen individu, baik secara komunikasi, pengembangan informasi, serta hiburan. Di masa sekarang, Ibu yang tidak memiliki waktu lebih kepada anak karena disibukkan dengan pekerjaan memilih untuk memberikan gadget kepada anak sebagai pengalihan perhatian pada anak. Hal ini menyebabkan berbagai dampak positif maupun negatif bagi anak-anak. Dampak positif meliputi pemenuhan informasi yang lebih mudah, sedangkan untuk dampak negatif meliputi kecanduan, gangguan konsentrasi, sulit menerima nasihat. Bahaya gadget pada anak usia dini merupakan hal yang perlu harus dipahami oleh orang tua yang ingin memiliki anak dengan tumbuh kembang yang optimal. Peran orang tua sangat utama dalam mencegah dampak negatif tersebut dengan memberikan beberapa metode seperti membangun komunikasi yang baik dengan anak, memberikan batasan dalam menggunakan gadget, membuat kedekatan emosi dengan anak. Psikoedukasi parenting diharapkan memberikan pemahaman secara detail terkait dampak secara sosial maupun klinis. Pemahaman tersebut dapat dijadikan pedoman bagi ibu untuk lebih aktif mengawasi anak dengan gadget yang digunakan, sebagai salah satu cara menjaga tumbuh kembang anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

semanggi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Penerapan teknologi tepat guna, Teknologi informasi dan komunikasi, Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, Ekonomi, sosial dan humaniora, Pangan dan kesehatan, Lingkungan hidup dan ...