CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 01 (2025): November - April

Transformasi Digital UMKM Melalui Strategi Pemasaran dan Keuangan Dalam Upaya Pemberdayakan UMKM Desa Selorejo Magetan

Anggraini Setyahety, Ririh (Unknown)
Citaningtyas Ari Kadi, Dian (Unknown)
Saputra, Arifiansyah (Unknown)
Lukesi (Unknown)
Suryani Indriastuti, Maha (Unknown)
Billa Fauzia, Salsa (Unknown)
Purwo Aji Saputro (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Desa Selorejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, memiliki potensi besar di sektor UMKM dengan produk unggulan seperti keripik pisang, rengginang, lempeng, dan keripik tempe. Namun, pemasaran tradisional masih menjadi kendala utama dalam meningkatkan jangkauan pasar. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM Desa Selorejo dalam branding dan digitalisasi pemasaran. Kegiatan meliputi pendaftaran lokasi usaha di Google Maps, pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), serta pembuatan media promosi seperti logo, banner, stiker label, dan akun media sosial Facebook. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan visibilitas produk secara offline dan online, keterlibatan pelanggan, dan kemudahan operasional UMKM dalam memasarkan produk. Kata kunci: branding, digitalisasi, pemasaran digital, UMKM.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CITAKARYA

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Citakarya merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cita Konsultindo yang mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Jurnal ABDIMAS merupakan jurnal elektronik yang dikelola secara profesional dengan ...