cover
Contact Name
Rizal Ula Ananta Fauzi
Contact Email
rizalmanajemen@gmail.com
Phone
+6282139474255
Journal Mail Official
rizalmanajemen@gmail.com
Editorial Address
jl raya solo no 11 suratmajan Maospati, Magetan Jawa Timur
Location
Kab. magetan,
Jawa timur
INDONESIA
CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 29865603     DOI : https://doi.org/10.99075/citakarya
Citakarya merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cita Konsultindo yang mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Jurnal ABDIMAS merupakan jurnal elektronik yang dikelola secara profesional dengan menggunakan Open Jurnal System
Articles 68 Documents
Labeling, Packaging, dan Branding Sebagai Peningkatan Minat Beli Konsumen pada UMKM Selai Srikaya Jumbo Desa Pupus Lembeyan Magetan Ari Kadi, Dian Citaningtyas; Ula Ananta Fauzi, Rizal; Yulia Damayanti, Rustin; Eka Mustika Yani, Kartika
CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2023): April
Publisher : CITAKARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citakarya.v1i01.226

Abstract

Tujuan dari penyuluhan atau pembekalan strategi pemasaran UMKM adalah untuk memberikan pemahaman tentang packaging, labeling, dan branding produk UMKM Srikaya Jumbo Desa Pupus Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. Sehubungan dengan hal itu dapat meningkatkan kualitas dan value produk yang isap dikonsumsi oleh kalangan masyarakat. Lima detik pandangan pertama sangat menentukan pilihan para konsumen, sehingga penampilan sangatlah penting artinya bagi konsumen di pasaran. Sehingga dengan lebih menginovasikan produk dapat terciptanya konsistensi minat beli konsumen. Metode pelaksanaan kegiatan berupa memperbaharui label kemasan dan pengemasan, tahap yang dilakukan meliputi, survei, analisis permasalahan, perencanaan, pengembangan produk dan pembuatan laporan. Selain peserta mengetahui metode packaging, labeling serta branding, peserta juga dapat mengupgrade label dan kemasan. Hasil pembahasan yaitu dapat menambah ide-ide kreatif yang sesuai dengan kebutuhan para UMKM di desa Pupus Lembeyan Magetan untuk menambah jangkauan pemasaran produk dan produk tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas.
Pendampingan Pencegahan Stunting Melalui Gaya Hidup Pedesaan Desa Pupus Lembeyan Kabupaten Magetan Ula Ananta Fauzi, Rizal; Ari Kadi, Dian Citaningtyas; Ardiansyah, Rico
CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2023): April
Publisher : CITAKARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citakarya.v1i01.227

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat merupakan hal wajib bagi perguruan tinggi, salah satunya iyalah dari mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata. KKN yang dilaksanakan di Desa Pupus Kecamatan Lembeyan Magetan dalam rangka pemberantasan stunting mahasiswa melakukan penyuluhan kepada masyarakat dengan tujuan merubah pola hidup sehat guna mencegah stunting. Kegiatan dimulai dari usia remaja, ibu hamil dan balita. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi ceramah, diskusi, cek kesehatan, praktik, dan pengamatan melalui tiga serangkaian usia tersebut. Dari serangkaian pelaksanaan tersebut masyarakat telihat antusias dan memahami bagaimana bentuk pencegahan stunting guna memiliki generasi yang lebih baik dikemudian hari.
Budaya Membaca di Taman Bacaan Masyarakat “Mentari Ku” di Desa Pupus Lembeyan Magetan Budi Sucihati, Theresia; Ari Kadi, Dian Citaningtyas; Indah; Pramesti, Enggar
CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2023): April
Publisher : CITAKARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citakarya.v1i01.228

Abstract

Pengabdian masyarakat merupakan poin penting yang harus diwujudkan sebagai bentuk realisasi ilmu teori yang didapat mahasiswa di bangku perkuliahan. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan di Desa Pupus Kecamatan Lembeyan Magetan, mahasiswa dapat langsung terjun ke dalam lingkungan masyarakat untuk membuat sebuah program budaya membaca. Dengan pengadaan Taman Bacaan Masyarakat berguna dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar, dan menumbuhkan kesadaran pentingnya manfaat budaya membaca. Melalui metode studi lapangan (Field Research) untuk mendapatkan data yang akurat dan relevan, dengan model pelaksanaan tiga tahap meliputi tahap observasi, tahap perencanaan dan tahap realisasi. Hasil dari pengadaan Taman Bacaan Masyarakat ini mampu menarik minat masyarakat sekitar, khususnya anak-anak sekolah yang terlihat antusias dalam mengikuti beberapa program Taman Bacaan Masyarakat.
Bangun Generasi Bangsa Yang Paham Nilai Pancasila Dan Kesadaran Bela Negara Di Sdn Pupus 3 Lembeyan Magetan Ari Kadi, Dian Citaningtyas; Fatmala, Indra Ayu; Ananta Fauzi, Rizal Ula; Lestari, Pitri
CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2023): April
Publisher : CITAKARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citakarya.v1i01.233

Abstract

Pelaksanaan Bela Negara yang dilaksanakan di SDN Pupus 3 Kecamatan Lembeya Kabupaten Magetan nerupakan wujud dari pelaksanaan pengabdian masyarakat kepada instansi pendidikan sekitar Desa Pupus. Tujua dilaksanakan pembinaan ini guna memupuk rasa cinta tanah air dan khususnya menjadikan anak – anak Desa Pupus mengenal lebih jauh Desa dan kekompakan dalam bersosial. Kegiatan mencangkup kepramukaan dan sosialisasi 4 konsesnsus kebangsaan. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi ceramah, diskusi, praktik, dan pengamatan melalui dua kegiatan tersebut. Dari pelaksanaan tersebut siswa bersemangat mengikuti kegiatan dan kompak dalam belajar memaknai keberagaman sosial.
Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Sekolah Dasar Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Desa Sidomulyo Budi Sucihati, Theresia; Jianggimahastu L.S, Puput
CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 01 (2023): April
Publisher : CITAKARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citakarya.v1i01.234

Abstract

Pelajaran bahasa Inggris dianggap sulit bagi anak Sekolah Menengah Pertama, dikarenakan pelajaran tersebut tidak pernah mereka dapatkan di bangku Sekolah Dasar. Pendampingan belajar dirumah dengan pendampingan orang tua harus dilakukan supaya anak-anak Sekolah Dasar kelas 1- 6 di Desa Sidomulyo bisa memahami, mengerti bahasa Inggris serta melek teknologi khususnya dalam penggunaan gawai dan internet untuk belajar bahasa Inggris secara online. Metode Pembelajaran ini menerapkan model Discovery-Inquiry Learning (DIL). Model ini merupakan gabungan dari model pembelajaran discovery dan model pembelajaran inquiry. Hasil dari survey selama pembelajaran, banyak anak-anak merasa antusias dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran dibuktikan minat anak untuk belajar bertambah, mampu memahami, mengerti, dan mengingat materi pembelajaran serta mampu melafalkan dan menuliskan kosakata bahasa Inggris dengan tepat.
Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Randusanga Wetan Rinaldi Dwi Imani; Hendri Sucipto; Nur Afridah; Muhammad Syaifulloh; Slamet bambang Riono
CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 02 (2024): Juli
Publisher : CITAKARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citakarya.v2i02.235

Abstract

Rendahnya kesadaran para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terhadap pentingnya label pada kemasan produk UMKM yang berlaku, kebanyakan pelaku UMKM banyak yang mengalami kesulitan dalam hal memperhatikan label produk. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar pemilik usaha khususnya UMKM lebih memperhatikan Label pada Kemasan UKM yang produknya akan mereka pasarkan di berbagai segmen pasar selain mendapat inovasi dari kemasan juga bisnis para UMKM mendapatkan kelegalan dari sertifikat Sehat dan Halal, sehingga dapat menarik minat pembeli dan semua UMKM siap dalam menghadapi persaingan. Label produk merupakan identitas dari sebuah produk yang akan dipasarkan, label produk dapat mempermudah konsumen dalam memilih produk yang akan dibelinya, dan menjadi penguat branding usaha dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Dalam label di produk terdapat informasi berupa brand, komposisi, legalitas, fungsi dan petunjuk produk. Para pelaku UMKM juga harus melek teknologi atau sistem informasi yang biasa disebut dengan e-commerce atau pemasaran elektronik, guna mempermudah para pelaku UMKM dalam berinovasi melakukan produksi dan penjualan produk. masih terdapat rendahnya pemahaman dalam pembuatan label pada kemasan. Label NIB, halal MUI dan Label BPOM untuk produk pangan merupakan potensi besar yang dimiliki UMKM di Desa Randusanga Wetan karena dituntut harus bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan dan serta membuat inovasi-inovasi yang bisa membuat UMKM-UMKM tersebut berkembang pesat, mampu bertahan dan siap bersaing.
Sosialisasi Peranan Digital Marketing Pada Pelaku Umkm Desa Dukuh Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan Purwanto, Hari; Sidanti, Heny; Khoiruddin Lutfiy, Dzaqi
CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2023): Juli
Publisher : CITAKARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citakarya.v1i02.471

Abstract

Tujuan dari sosialisasi digital marketing pada UMKM desa Dukuh ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pemasaran produk-produk UMKM di desa Dukuh secara online melalui marketplace dan media sosial. UMKM yang terlibat dalam sosialisasi ini yaitu UMKM Keripik Gedebog dan UMKM Tas Anyaman. Tujuan diadakan Sosialisasi guna meningkatkan pemahaman masyarakat desa Dukuh terkait Pemasaran Digital pada UMKM sehingga memberikan strategi pemanfaatan media internet untuk memaksimalkan pemasaran pada UMKM yang dikelola agar lebih efektif dan maksimal. Metode pelaksanaan kegiatan berupa sosialisasi sekaligus pelatihan praktek membuat penawaran barang pada marketplace FB, instagram, youtobe, website. Analisis permasalahan pemasaran dan membuat promosi yang menarik melalui media elektronik untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Hasil sosialisasi diharapkan dapat menambah ide-ide kreatif dalam bidang pemasaran secara online medalui media digital pada pelaku UMKM di desa dukuh kec. Lembeyan, Kab. Magetan.
Pengembangan Usaha Bidang Kuliner Angkringan Untuk Mendukung Ekonomi Kreatif di Kemantren Tegalrejo Yogyakarta Budi Setyanta; Ahmad Bagus Rifai; Dimas Pandu Aryo Pandowo; Dina Ayu Julian; Hengki Prasetio; Luky Setiawan; Nura Azizah Zahra; Muhammad Mushthafa Naufal; Rama Adi Wijaya
CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2023): Juli
Publisher : CITAKARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citakarya.v1i02.473

Abstract

UMKM Angkringan sangat melekat dengan identitas Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikenal kuat dalam ekonomi kreatif yaitu sektor kuliner. Salah satu bentuk bisnis makanan tradisinonal yaitu UMKM angkringan yang merupakan sektor kuliner khas di Yogyakarta, dimana usaha ini merupakan usaha berjenis warung kaki lima dijual menggunakan gerobak. Kelurahan Tegalrejo merupakan salah satu wilayah yang berada di pusat kota Yogyakarta merupakan tempat dengan posisi strategis bagi masyarakat yang ingin menjalankan bisnis atau usaha berniaga. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Kemantren Tegalrejo di 4 kelurahan, yaitu Kelurahan Tegalrejo, Bener, Kricak dan Karangwaru. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berjalan lancar dengan adanya pembinaan dan pemberdayaan melalui optimalisasi media sosial baik pemasaran maupun dalam sistem pembayaran, pelatihan pelayanan kepada pelanggan serta, perbaikan variasi menu yang tetap mempertahankan budaya aslinya. Dampak dari kegiatan ini adalah dapat mengoptimalisasi kreativitas dan inovasi dalam berjualan khususnya umkm angkringan yang ada di kemantren Tegalrejo Yogyakarta agar lebih mempertahankan budaya asli angkringan meskipun di era modern saat ini.
Pengembangan UMKM Angkringan Untuk Mendukung Perkembangan Ekonomi di Kemantren Tegalrejo Yogyakarta Fikri Budi Aulia; Mutolib; Cindy Meilona Wibowo; Maqsentio Anthony Langga Ratu; Riski Teguh Wiratsongko; Amhar Wildan Mufida; Lukman Sakurudin; Febriana Wulansari
CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2023): Juli
Publisher : CITAKARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citakarya.v1i02.488

Abstract

UMKM Angkringan adalah usaha mikro, kecil, dan menengah yang bergerak di bidang penjualan makanan atau minuman di dalam angkringan. Angkringan adalah warung kecil yang biasanya berlokasi di pinggir jalan ratau trotoar. Usaha ini umumnya terdapat di Indonesia, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikenal kuat dalam ekonomi kreatif yaitu sektor kuliner. Salah satu bentuk bisnis makanan tradisinonal yaitu UMKM angkringan yang merupakan sektor kuliner khas di Yogyakarta, dimana usaha ini merupakan usaha berjenis warung kaki lima dijual menggunakan gerobak. Kelurahan Tegalrejo merupakan salah satu wilayah yang berada di pusat kota Yogyakarta merupakan tempat dengan posisi strategis bagi masyarakat yang ingin menjalankan bisnis atau usaha berniaga. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Kemantren Tegalrejo di 3 kelurahan, yaitu Kelurahan Tegalrejo, Kricak dan Karangwaru. Keberadaan UMKM Angkringan di Yogyakarta tidak hanya memberikan pengalaman kuliner yang lezat, tetapi juga mencerminkan budaya dan tradisi Jawa yang kaya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berjalan lancar dengan adanya pembinaan dan pemberdayaan melalui optimalisasi media sosial baik pemasaran maupun dalam sistem pembayaran, pelatihan pelayanan kepada pelanggan serta, perbaikan variasi menu yang tetap mempertahankan budaya aslinya. Dampak dari kegiatan ini adalah dapat mengoptimalisasi kreativitas dan inovasi dalam berjualan khususnya umkm angkringan yang ada di kemantren Tegalrejo Yogyakarta agar lebih mempertahankan budaya asli angkringan meskipun di era modern saat ini.
Edukasi Tanaman Obat Keluarga (Toga) Sebagai Upaya Meciptakan Kesehatan Warga Di Wadung Asri Waru Sidoarjo Badriyah, Laila; Mufaizah; Yulliastutik; Masfufah; Rodiyah, Kholidatur; Aisida, Sufinatin; Ula, Nailul
CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 02 (2023): Juli
Publisher : CITAKARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63922/citakarya.v1i02.503

Abstract

Pengobatan tradisional masih menjadi primadona masyarakat kita, karena dianggap khasiatnya yang sangat ampuh dan tidak mempunyai efek samping. Maka sangat wajar semua kalangan menyukai hasil olahan tanaman obat. Sosialisasi tanaman obat sebagai upaya menciptakan kesehatan keluarga di desa wadung asri sidoarjo. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang jenis-jenis tanaman obat keluarga, manfaat tanaman obat keluarga, pengolahan tanaman obat keluarga, penanaman tanaman obat keluarga serta waktu yang tepat untuk mengkonsumsi tanaman obat keluarga. Namun, masyarakat selama ini masih membeli bahan-bahan obat tradisional di pasar. Padahal desa tersebut memiliki potensi untuk melakukan budidaya tanaman obat keluarga seperti tanaman jahe, sereh, kunyit, temulawak, dan kencur. Masyarakat bisa menggunakan Lahan pekarangan rumah warga budidaya tanaman obat keluarga (TOGA). Adapun kegiatan yang dilakukan adalah mengajak warga setempat untuk bersama-sama membuat lahan di depan rumah masing-masing dan menanam beberapa jenis tanaman obat. Selanjutnya, warga setempat diberikan sosialisasi terkait manfaat dan praktik langsung cara mengolah tanaman obat tersebut. Alhasil, gerakan menanam obat keluarga ini mampu mengubah kesadaran, keterampilan, dan perilaku gaya hidup sehat masyarakat di desa wadungasri sidoarjo.