Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi
Vol 9 No 2 (2025): Mei 2025

Implementasi Pendidikan Lingkungan dan Kecerdasan Ekologis Siswa Terhadap Lingkungan Persekolahan di SMA Negeri 3 Palu

Ardiansyah, Fahrul (Unknown)
Hasan, Haslita Rahmawati (Unknown)
Hamid, Abdul (Unknown)
Nuraedah, Nuraedah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implemetasi pendidikan lingkungan dan kecerdasan ekologis siswa di SMA Negeri 3 Palu serta dampaknya terhadap lingkungan persekolahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan lingkungan yang diterapkan di SMA Negeri 3 Palu tidak hanya dilaksanakan secara teori di dalam ruangan tetapi juga di luar ruangan dan didukung dengan adanya upaya dan kebijakan sekolah yaitu Program Adiwiyata. Indikator kecerdasan ekologis yang memberikan dampak pembentukan kesadaran dan perilaku siswa terhadap lingkungan di SMA yaitu: 1) pengetahuan lingkungan; 2) sikap peduli; dan 3) tindakan konkret. Faktor utama yang mempengaruhi kesadaran dan perilaku siswa terhadap lingkungan sekolah yaitu: 1) faktor internal meliputi pengetahun dan 2) faktor eksternal meliputi: lingkungan sosial, budaya masyarakat sekitar, dan peran orang tua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gdk

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel ilmiah dengan cakupan hasil penelitian geografi bidang pendidikan dan pembelajaran, sistem informasi geografi dan penginderaan jauh, kependudukan, pengembangan wilayah, kebencanaan serta pengelolaan ...