Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji efektivitas dua media digital, yaitu Google Dokumen dan Google Formulir, dalam meningkatkan hasil belajar menulis teks autobiografi siswa kelas XII IPA di SMAN 7 Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar menulis teks autobiografi antara siswa yang menggunakan media Google Dokumen dan siswa yang menggunakan media Google Formulir? Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui uji normalitas, homogenitas, dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Google Dokumen maupun Google Formulir efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kelas Google Dokumen meningkat dari 69,44 (kategori kurang) menjadi 90,83 (kategori baik), sedangkan kelas Google Formulir meningkat dari 67,22 menjadi 84,17. Namun, hasil uji t menunjukkan bahwa perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik (t-hitung = 0,679 < t-tabel = 1,677). Dengan demikian, kedua media sama-sama efektif, namun tidak menunjukkan perbedaan signifikan dalam peningkatan hasil belajar menulis teks autobiografi.
Copyrights © 2025